Selasa, 17 Maret 2015

Asuransi, Membantu Hidup Berkualitas Di Jepang



image source japanesestation- asuransi cekpremi.com


Taraf hidup di Jepang relatif mahal dibandingkan di Indonesia. Namun, bila kita tahu caranya, besar juga  pengeluaran kita tidak akan jauh berbeda dengan pengeluaran kita di Indonesia, dengan kualitas hidup yang lebih baik . Berikut tips yang mungkin bermanfaat bagi anda yang berencana tinggal di Jepang, seperti untuk keperluan studi misalnya.

TIPS: Bereskan semua segala urusan administrasi yang berkaitan dengan kependudukan.
Hal ini penting, karena selain mematuhi aturan yang ada, banyak manfaat yang akan kembali pada diri kita, antara lain yaitu seperti asuransi

a. Asuransi kesehatan.
Perlu diketahui, biaya kesehatan di Jepang teramat mahal. Karena itu, ikutlah dengan asuransi kesehatan nasional. Kita bisa dengan mendaftar di balai kota setempat. Besar nya premi akan ditentukan dari besar pendapatan kita. Jika status tersebut  kita masih pelajar, hidup hanya dari beasiswa, maka kita akan dikenai sejumlah  premi minimum. Dengan asuransi ini, kalau kita terjadi sakit, kita hanya perlu membayar 30% dari total biaya. Yang lebih unik, jika kita diharuskan  melakukan operasi, sebesar apapun operasi tersebut, semua biaya yang harus kita tanggung adalah 1 juta yen, dengan kata lain, kita hanya perlu membayar maksimal 300ribu yen. Dengan asuransi ini juga, kita akan mendapatkan bantuan uang 350 ribu yen untuk biaya melahirkan! Plus uang susu perbulan (besarnya tergantung kebijakan masing-masing pemerintah daerah). 

Untuk bayi kita, biaya periksa untuk sakit apapun gratis, sedangkan untuk obat apapun hanya akan dikenai tarif 500 yen, dan masih ada jatah untuk pemeriksaan dan imunisasi gratis untuk bayi kita. Ada satu lagi asuransi yang sangat jarang diketahui oleh warga asing, yaitu asuransi kecelakaan. Meskipun biaya preminya agak mahal, tapi jika kita tidak punya pekerjaan (baca: pelajar), atau tidak mampu membayar, premi 

ini akan digratiskan! Syaratnya, kita harus bisa mengurus semua permohonan untuk tidak membayar premi. Sangat Unik bukan, untuk ikut asuransi tanpa bayar premi? Jika saya menghitung, manfaat yang sudah saya terima jauh lebih besar daripada besar premi yang sudah saya bayar selama ini.

b. Apartemen milik pemerintah.
Setiap pemerintah daerah biasanya memiliki apartemen yang dikelola oleh pemerintah provinsi atau kotamadya. Biaya sewa apartemen tersebut  ini teramat sangat murah jika dibandingkan biaya apartemen yang dikelola swasta.

c. Fasilitas untuk warga.
Ada beberapa fasilitas yang mungkin berbeda tiap kota. Kursus gratis bahasa Jepang, dengan bantuan untuk menerjemahkan dokumen berbahasa Jepang, juga kegiatan sosial untuk pelajar asing, sale barang barang  bekas pakai dengan harga teramat sangat miring, hanya sebagian contoh fasilitas yang dapat kita manfaatkan.


Asuransi memiliki banyak manfaatnya, dengan mengikuti asuransi beban hidup anda tertanggung oleh asuransi, tidak perlu repot mendaftar asuransi, ada asuransi online yang dengan mudah di akses di internet yaitu asuransi  online cekpremi.com

1 komentar: