Kecelakaan memang sering
sekali terjadi pada mobil, jika sudah terjadi kecelakaan maka timbul kerugian
atas kecelakaan tersebut antara yang ditabrak ataupun yang menabrak. Nah oleh
sebab itu mobil sangat di anjurkan menggunakan asuransi mobil, agar ketika
terjadi kejadian kejadian yang tidak di inginkan terhadap mobil seperti
kecelakaan, mobil dicuri, maupun terkena bencana alam., maka ada pihak yang
membantu untuk megurus masalah masalah tersebut dan mengganti kerugian atas
kejadian tersebut. Berikut ini hal yang harus anda lakukan apabila anda mengalami
kecelakaan.
1. Catatlah identitas diri
dari seluruh pengemudi yang terlibat kecelakaan.
Mintalah nama, alamat, dan nomor kontak orang-orang yang
terlibat dalam kecelakaan tersebut sebagai langkah pertama. Mengetahui juga
identitas atau juga data diri pihak yang
terlibat sangat penting apabila di kemudian hari ternyata Anda membutuhkan
mereka untuk melakukan klaim asuransi mobil.
2.
Catat data saksi
Catat data pribadi saksi (jika ada) dengan menulis nama, alamat
lengkap, dan jnomor kontak kontak mereka. Saksi ini adalah dapat membantu untuk
menyelesaikan masalah di kemudian hari.
3.
Catat Pelat Nomor dan Merek
Kemudian, catatlah nomor pelat mobil dan juga merek serta model
kendaraan yang terlibat, juga hal-hal spesifik lainnya.
4.
Minta data asuransi pengendara lain
Apabila pengemudi lain juga memiliki asuransi, mintalah data
data perusahaan asuransi mobil pihak
yang terlibat secara rinci, termasuk dalam polis atau nomor sertifikat. apabila informasi
tersebut tidak bisa diberikan secara langsung, buat juga catatan untuk menindak lanjuti hal ini
kemudian.
5.
Hubungi perusahaan asuransi
Hubungi segera pihak asuransi Anda untuk meminta arahan
selanjutnya. Yaitu Anda harus perlu memberi tahu perusahaan asuransi Anda
secara tertulis sesegera mungkin.Hal tersebut juga dapat berguna untuk melakukan sejumlah proses
klaim, baik kerusakan mobil Anda maupun juga kerusakan mobil pihak ketiga.
6.
Bengkel
Hubungi pihak asuransi apabila Anda harus memasukkan mobil ke
bengkel khusus. Untuk itu, Anda juga harus meminta persetujuan dari pihak
asuransi. Pada umumnya perusahaan
asuransi juga memiliki daftar bengkel
lengkap di situs mereka. Ingat juga bahwa apabila Anda tidak mengirimkan mobil
Anda ke bengkel yang disepakati, Anda mungkin tidak akan bisa mengajukan klaim
pada perusahaan asuransi Anda mengenai kerusakan yang terjadi karena kecelakaan
yang Anda alami.
7.
Penaksir kerugian
Begitu kecelakaan telah dilaporkan dan kendaraan Anda telah
diderek menuju bengkel terdekat yang disepakati atau ke pos polisi setempat,
perusahaan asuransi mobil Anda akan mengirimkan penaksir kerugian. Penaksir
kerugian yaitu orang yang menaksir kerusakan yang dialami kendaraan Anda dan
yang bertanggung jawab dalam menentukan penyebab kecelakaan sebenarnya. Penaksir
kerugian lalu menyampaikan pada pihak asuransi berapa banyak Anda dapat
mengajukan klaim atas kerusakan yang terjadi karena kecelakaan tersebut.
8.
Menghubungi polisi
Menghubungi kepolisian
untuk membuat laporan atau data polisi melalui input data kecelakaan
lalu-lintas online.
guna perjalanan anda nyaman pastikan anda gunakan asuransi perjalanan yang bisa memberikan kenyamanan dan kemananan saat perjalananan
guna perjalanan anda nyaman pastikan anda gunakan asuransi perjalanan yang bisa memberikan kenyamanan dan kemananan saat perjalananan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar